Cara Memunculkan Kembali BIOS Options yang Hilang/Tidak Tampil pada Windows - NesiaNet

Cara Memunculkan Kembali BIOS Options yang Hilang/Tidak Tampil pada Windows

BIOS (Basic Input-Output System) adalah software yang ditanamkan pada chip khusus yang memuat informasi dasar perangkat komputer/laptop agar bisa masuk ke sistem operasi utama. BIOS harus tetap online (aktif) walaupun disaat power utama (baterai/sumber listrik dari adapter) mati, karena BIOS menyimpan informasi dasar seperti tanggal/jam, urutan booting, dan lain sebagainya, maka BIOS memiliki baterai khusus yaitu baterai CMOS.

Untuk masuk ke BIOS, setiap pabrikan/merk memiliki cara yang berbeda, tetapi pada umumnya dengan cara menekan F2 saat proses booting, sekitar 1-2 detik setelah menekan tombol power, dan cukup ditekan sesaat/sepersekian detik saja. Namun adalam beberapa kasus, hal ini (menampilkan BIOS, sangat sulit untuk dilakukan, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya):

1. Fitur Fast Boot aktif

Fitur ini bekerja dengan cara mempending/men-delay proses yang dianggap tidak krusial untuk mempersingkat waktu booting, namun pada perangkat yang memang spesifikasinya tinggi, jika ditambah dengan fast booting, maka opsi BIOS tidak muncul sama sekali, sehingga menyulitkan kita untuk masuk ke BIOS. Lalu bagaimana cara menonaktikan fitur ini? Caranya dengan masuk ke BIOS lalu men-disable-kannya.

Sebentar, masuk ke BIOS? Bagaimana cara masuk ke BIOS sedangkan fast boot aktif? Caranya dengan cara:

2. Gunakan Fitur Restart Request/Advanced Startup

Dengan cara biarkan perangkat masuk ke Windows (Windows 7, 8, 8.1, 10, 11), lalu klik tombol Start pada Windows, lalu ketik "advanced startup" lalu klik pada ikonnya, lalu klik "Restart now", maka perangkat akan memulai ulang namun dengan waktu tambahan untuk menampilkan BIOS.



Anda juga bisa menggunakan cara kedua ini setiap kali ingin masuk ke BIOS, jadi tidak perlu mendisable fitur Fast Boot. Terima kasih.


EmoticonEmoticon