Fungsi UTM pada belakang link, utm ini tinggal dibuat sembarang, tapi erlu diperhatikan ini case sensitive, artinya beda besar/kecil huruf, akan dianggap beda/unik walaupun teksnya sama (nesianet tidak sama dengan NesiaNet) utm ini digunakan google analytic untuk laporan dari mana sumber klik, nantinya akan muncul di laporan bahwa referer adalah NesiaNet. (Jika Lebih dari dua kata, silahkan gunakan +, misal: nesianet+lombok). Jika link tidak di beri utm, maka google anayltc akan mengambil data dari header/judul/dll dari website referer/halaman tempat suatu link di klik.
🔹 1. UTM (Urchin Tracking Module) – dalam konteks digital marketing
UTM adalah kode yang ditambahkan di akhir URL (tautan) untuk melacak sumber lalu lintas (traffic) ke sebuah situs web, biasanya digunakan dalam Google Analytics.
Contoh URL dengan UTM:
arduino
Salin
Edit
https://nesianet.id/artikel?utm_source=instagram&utm_medium=social&utm_campaign=promo_april
Bagian-bagian UTM:
utm_source → Sumber traffic (contoh: google, instagram, facebook)
utm_medium → Media atau jenis kampanye (contoh: cpc, banner, social)
utm_campaign → Nama kampanye (contoh: promo_april, diskon_akhir_tahun)
utm_term (opsional) → Kata kunci (biasanya untuk iklan berbayar)
utm_content (opsional) → Untuk membedakan versi iklan/link
🔍 Manfaat UTM:
Mengetahui dari mana pengunjung berasal
Mengukur efektivitas iklan atau campaign
Membandingkan performa konten di berbagai platform