Belajar TOEFL PBT Model Lama Part 0 - NesiaNet

Belajar TOEFL PBT Model Lama Part 0

Belajar TOEFL PBT Model Lama Part 0
Apa itu?
TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah sebuah tes standar internasional untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Tes TOEFL dirancang untuk menilai kemampuan dalam empat aspek bahasa Inggris, yaitu listening, reading, speaking, dan writing.

TOEFL adalah salah satu tes bahasa Inggris yang paling banyak diakui di dunia, dan seringkali digunakan sebagai persyaratan masuk ke universitas atau institusi pendidikan tinggi di luar negeri. Tes ini juga digunakan oleh perusahaan multinasional dan organisasi internasional sebagai alat untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa Inggris dari calon karyawan atau anggota baru.

Jenis
Ada dua jenis tes TOEFL, yaitu TOEFL iBT dan TOEFL PBT.

TOEFL iBT (Internet-based Test)
TOEFL iBT adalah tes TOEFL yang dilakukan secara online. Tes ini melibatkan empat bagian, yaitu listening, reading, speaking, dan writing, dan diberikan dalam satu sesi ujian yang berlangsung selama sekitar 4 jam. Tes TOEFL iBT tersedia di seluruh dunia dan dapat diambil di pusat-pusat tes TOEFL yang ditunjuk oleh ETS (Educational Testing Service).

TOEFL PBT (Paper-based Test)
TOEFL PBT adalah tes TOEFL yang dilakukan secara konvensional menggunakan kertas. Tes ini melibatkan tiga bagian, yaitu listening, reading, dan writing, dan tidak meliputi bagian speaking. Tes TOEFL PBT hanya tersedia di beberapa negara di mana tes TOEFL iBT tidak tersedia atau tidak praktis untuk diadakan.

Perlu dicatat bahwa TOEFL iBT lebih populer dan lebih sering diadakan dibandingkan dengan TOEFL PBT, karena TOEFL iBT menawarkan fleksibilitas dan kemudahan akses yang lebih besar. Namun, dalam beberapa kasus, seperti di beberapa negara yang belum memiliki infrastruktur internet yang memadai, TOEFL PBT tetap menjadi pilihan yang lebih baik.

Lalu apa itu ITP dan Prediction?
TOEFL ITP dan TOEFL Prediction adalah jenis tes TOEFL yang berbeda dari TOEFL iBT dan TOEFL PBT.

TOEFL ITP (Institutional Testing Program)
TOEFL ITP adalah tes TOEFL yang biasanya diadakan di institusi pendidikan tertentu, seperti universitas atau sekolah. Tes ini merupakan tes TOEFL yang disesuaikan dengan kebutuhan institusi tersebut dan tidak diakui secara internasional. TOEFL ITP melibatkan tiga bagian, yaitu listening, structure, dan reading, dan tidak meliputi bagian speaking. Tes ini diambil menggunakan kertas dan pensil, dan skornya dihitung oleh institusi yang mengadakan tes.

TOEFL Prediction
TOEFL Prediction adalah tes TOEFL yang digunakan untuk memprediksi skor TOEFL iBT. Tes ini biasanya diadakan oleh institusi pendidikan atau agen pendidikan, dan melibatkan empat bagian seperti pada TOEFL iBT, yaitu listening, reading, speaking, dan writing. Namun, tes ini diambil menggunakan kertas dan pensil dan skornya juga dihitung oleh institusi yang mengadakan tes. TOEFL Prediction dapat membantu calon pelajar untuk memperkirakan skor TOEFL iBT mereka sebelum benar-benar mengambil tes TOEFL iBT.

Perlu dicatat bahwa skor TOEFL ITP dan TOEFL Prediction tidak diakui secara internasional dan tidak dapat digunakan untuk mendaftar ke universitas atau institusi pendidikan di luar negeri. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, disarankan untuk mengambil tes TOEFL iBT atau TOEFL PBT yang diakui secara internasional.

Perguruan Tinggi di Mataram Lombok NTB mewajibkan tes TOEFL yang mana?
Sejauh ini beberapa jurusan di beberapa perguruan tinggi di Mataram Lombok NTB ada yang mewajibkan skor TOEFL terentu sebagai syarat Yudisium atau syarat ujian akhir, skornya bervariasi antar tiap jurusan, namun rata-rata semuanya mewajibkan tes Prediction.

Bagian atau sesi pada tes TOEFL Prediction
Secara umum, ujian TOEFL terdiri dari empat bagian atau section, yaitu:

Reading (Membaca): Bagian ini menguji kemampuan Anda dalam membaca dan memahami teks-teks akademik yang panjang dan kompleks dalam bahasa Inggris. Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan bacaan yang diberikan.

Listening (Mendengarkan): Bagian ini menguji kemampuan Anda dalam mendengarkan dan memahami pidato-pidato, percakapan-percakapan, dan teks-teks audio dalam bahasa Inggris. Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan audio yang diberikan.

Speaking (Berbicara): Bagian ini menguji kemampuan Anda dalam berbicara dan menyampaikan pendapat dalam bahasa Inggris. Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan lisan dan diberi waktu untuk merespon dengan baik.

Writing (Menulis): Bagian ini menguji kemampuan Anda dalam menulis teks-teks akademik dalam bahasa Inggris. Anda akan diminta untuk menulis dua esai yang berbeda, yaitu esai argumentatif dan esai tentang pemikiran diri.

Namun, perlu diingat bahwa TOEFL Prediction adalah tes simulasi TOEFL dan bukan tes resmi TOEFL. Oleh karena itu, bagian atau section yang ada dalam TOEFL Prediction bisa berbeda-beda tergantung pada jenis tes simulasi TOEFL yang Anda pilih.

biasanya di Mataram menggunakan tes TOEFL yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, Reading Comprehension. (LSR)

Tes TOEFL yang menggunakan sesi Listening, Structure, dan Reading (LSR) adalah jenis tes TOEFL yang sudah tidak digunakan lagi. Tes TOEFL LSR digunakan sebelum tahun 1998, dan sejak itu digantikan oleh tes TOEFL berbasis komputer yang lebih modern dan canggih. Saat ini, tes TOEFL berbasis komputer terdiri dari empat bagian atau section, yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing, dan tidak lagi menggunakan section Structure seperti pada tes TOEFL LSR.

Namun, untuk referensi, pada tes TOEFL LSR, bagian Listening menguji kemampuan seseorang dalam memahami pidato dalam bahasa Inggris, bagian Structure menguji kemampuan seseorang dalam memahami tata bahasa atau grammar dalam bahasa Inggris, dan bagian Reading menguji kemampuan seseorang dalam membaca teks dalam bahasa Inggris. Tes TOEFL LSR digunakan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris dalam konteks akademik dan umum, sama seperti tes TOEFL berbasis komputer yang ada saat ini. Namun jenis tes ini masih digunakan di Mataram Lombok hanya sebagai sarana mengetahui skor TOEFL calon S1.

APA ITU TES TOEFL PREDICTION PBT MODEL LAMA?
TOEFL Prediction PBT (Paper-Based Test) model lama adalah tes latihan TOEFL yang dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service) sekitar tahun 2003-2004. Tes ini dirancang untuk membantu calon peserta TOEFL PBT memperkirakan skor mereka pada tes sebenarnya dan mempersiapkan mereka untuk format dan jenis soal yang akan mereka hadapi pada tes TOEFL PBT.

TOEFL Prediction PBT model lama terdiri dari tiga bagian, yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Masing-masing bagian terdiri dari 50-60 pertanyaan dan diberi waktu 30-40 menit untuk diselesaikan. Tes ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban dan skor prediksi untuk membantu calon peserta TOEFL PBT memahami kemampuan mereka dan meningkatkan skor mereka.

Meskipun TOEFL Prediction PBT model lama sudah tidak digunakan lagi sebagai tes resmi oleh ETS, tes ini masih dapat digunakan sebagai sumber latihan dan persiapan untuk tes TOEFL PBT. Namun, perlu diingat bahwa TOEFL Prediction PBT model lama mungkin tidak mencakup semua jenis soal yang akan muncul pada tes TOEFL PBT sebenarnya, sehingga calon peserta harus memperluas latihan mereka dengan menggunakan sumber-sumber latihan lainnya.

lalu bagaimana itu section Listening pada tes toefl pbt yang sudah tidak digunakan di toefl modern?
Bagian Listening pada tes TOEFL PBT terdiri dari 50 pertanyaan yang harus dijawab dalam waktu 35-45 menit, tergantung pada jumlah dan jenis materi audio yang digunakan. Bagian Listening ini bertujuan untuk mengukur kemampuan Anda dalam memahami bahasa Inggris yang diucapkan dalam berbagai situasi, seperti percakapan, kuliah, diskusi, atau wawancara.

Bagian Listening terdiri dari 4 jenis materi audio, yaitu:

Short Conversations: Materi audio ini berisi percakapan pendek antara dua orang yang berkaitan dengan topik sehari-hari, seperti membeli makanan atau memesan tiket.

Longer Conversations: Materi audio ini berisi percakapan yang lebih panjang antara dua atau tiga orang mengenai topik yang lebih kompleks, seperti diskusi tentang tugas kuliah atau masalah keuangan.

Talks: Materi audio ini berisi kuliah atau presentasi singkat yang disampaikan oleh seorang guru atau pakar mengenai topik tertentu, seperti sejarah, ilmu pengetahuan, atau seni.

Discussions: Materi audio ini berisi diskusi atau wawancara antara beberapa orang yang membahas topik tertentu, seperti pemilihan umum, kebijakan publik, atau budaya.

Setiap materi audio diikuti dengan beberapa pertanyaan pilihan ganda atau isian singkat yang harus dijawab oleh peserta tes. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan isi dari materi audio dan bertujuan untuk mengukur pemahaman Anda terhadap konten dan detail dari materi tersebut.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi bagian Listening pada tes TOEFL PBT, sebaiknya Anda terbiasa mendengarkan berbagai jenis materi audio dalam bahasa Inggris, seperti podcast, rekaman kuliah, atau video di YouTube. Anda juga bisa mencari sumber latihan resmi seperti buku atau situs web yang menyediakan contoh soal dari bagian Listening tersebut. Selain itu, Anda bisa mencari bimbingan atau kursus TOEFL untuk memperdalam pemahaman dan teknik dalam menjawab soal pada bagian Listening.

lalu bagaimana itu section Structure pada tes toefl pbt yang sudah tidak digunakan di toefl modern?
Bbagian Structure pada tes TOEFL PBT (Paper-based Test) yang sudah tidak digunakan lagi pada tes TOEFL modern yang berbasis komputer. Bagian Structure pada tes TOEFL PBT terdiri dari 40 pertanyaan dalam 25 menit. Bagian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan Anda dalam memahami tata bahasa dan struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Ada dua jenis pertanyaan yang umumnya muncul dalam bagian Structure ini, yaitu:

Pertanyaan tentang struktur kalimat (Sentence Structure): Anda akan diminta untuk melengkapi kalimat dengan kata yang tepat atau memilih kata yang paling cocok untuk melengkapi struktur kalimat yang diberikan.

Pertanyaan tentang tata bahasa (Grammar): Anda akan diminta untuk memilih kata atau frasa yang tepat dalam konteks kalimat, misalnya pemilihan bentuk kata kerja yang tepat, pemilihan bentuk kata benda atau kata sifat yang tepat, dan lain sebagainya.

Dalam bagian Structure ini, Anda akan diberikan kalimat atau paragraf pendek yang memuat satu kesalahan tata bahasa atau struktur kalimat. Tugas Anda adalah untuk mengidentifikasi kesalahan tersebut dan memilih pilihan yang paling tepat untuk memperbaikinya. Kesalahan yang umum muncul dalam bagian ini antara lain kesalahan penggunaan kata kerja, kata benda, kata sifat, penggunaan tense yang tidak tepat, kesalahan subjek-objek, dan sebagainya.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi bagian Structure pada tes TOEFL PBT, sebaiknya Anda mempelajari tata bahasa dan struktur kalimat bahasa Inggris secara mendalam. Anda bisa mencari sumber latihan resmi seperti buku atau situs web yang menyediakan contoh soal dari bagian Structure tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mencari bimbingan atau kursus TOEFL untuk memperdalam pemahaman dan teknik dalam menjawab soal pada bagian Structure.

lalu bagaimana itu section Reading pada tes toefl pbt yang sudah tidak digunakan di toefl modern?
Bagian Reading pada tes TOEFL PBT terdiri dari 50-55 pertanyaan yang harus dijawab dalam waktu 55-75 menit, tergantung pada jumlah dan jenis materi bacaan yang digunakan. Bagian Reading ini bertujuan untuk mengukur kemampuan Anda dalam memahami bahasa Inggris yang tertulis dalam berbagai konteks dan jenis teks, seperti artikel akademik, majalah, atau buku teks.

Bagian Reading terdiri dari 3 jenis teks, yaitu:

Short Passages: Teks pendek yang berisi beberapa kalimat tentang topik yang umum atau spesifik, seperti kisah pendek atau pengumuman.

Medium Passages: Teks yang lebih panjang dan kompleks, biasanya berisi artikel akademik atau non-fiksi dari majalah atau surat kabar.

Long Passages: Teks yang paling panjang dan kompleks, biasanya berisi bagian dari buku teks atau artikel akademik yang lebih dalam dan detil.

Setiap teks diikuti dengan beberapa pertanyaan pilihan ganda atau isian singkat yang harus dijawab oleh peserta tes. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan isi dari teks dan bertujuan untuk mengukur pemahaman Anda terhadap konten dan detail dari teks tersebut.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi bagian Reading pada tes TOEFL PBT, sebaiknya Anda terbiasa membaca berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris, seperti artikel akademik, majalah, atau buku teks. Anda juga bisa mencari sumber latihan resmi seperti buku atau situs web yang menyediakan contoh soal dari bagian Reading tersebut. Selain itu, Anda bisa mencari bimbingan atau kursus TOEFL untuk memperdalam pemahaman dan teknik dalam menjawab soal pada bagian Reading.

Di postingan berikutnya kita akan mulai membahas soal TOEFL PBT model lama untuk keperluan PREDICTION PURPOSE sebagai persiapan teman-teman di sebagian besar kampus di Indonesia untuk meningkatkan skor sebagai syarat kelulusan (TOEFL PREDICTION PBT).


EmoticonEmoticon