Belajar Pengertian, Kegunaan, Cara Menjalankan, dan Tampilan Ms. Excel 2019 - NesiaNet

Belajar Pengertian, Kegunaan, Cara Menjalankan, dan Tampilan Ms. Excel 2019

Belajar Pengertian, Kegunaan, Cara Menjalankan, dan Tampilan Ms. Excel 2019
✅ #NesiaNet #BursaKarirNTB #LokerLombok #BursaKerjaNTB Kontak Instagram@@NesiaNet ~ Belajar Pengertian dan Sejarah Microsoft Office Excel 2019 Offline Online Gratis Kursus Komputer Privat Mataram Lombok NTB Terbaik, Settingan Windows Regional/Keyboard/Display: United States, Bahasa: English United States.

Pengertian

Microsoft Office Excel adalah perangkat lunak aplikasi spreadsheet yang termasuk dalam paket aplikasi Office keluaran perusahaan Microsoft. Berfungsi untuk melakukan perhitungan-perhitungan dan penyajian data, data merupakan kumpulan karakter dan/atau angka yang dikumpulkan dengan tujuan tertentu. Tutorial belajar mengoperasikan Microsoft Office Excel ini menggunakan Excel 2019 x64 (64-bit) yang kami jalankan pada sistem operasi Windows 11 Pro 64-bit versi terbaru (2022).

Kami menggunakan pengaturan regional dan bahasa United States/English untuk sistem operasi dan aplikasi office, sehingga pembatas formula/rumus menggunakan tanda koma (,), jika komputer anda menerapkan settingan regional Indonesia, maka gunakan titik koma (;)

File excel disebut workbook dan berekstensi .xlxs, satu workbook berisi satu atau lebih worksheet (lembar kerja), satu worksheet terdiri dari banyak sel, sel merupakan perpotongan kolom (A, B, C, dst) dan baris (1, 2, 3, dst).

Formula adalah rumus untuk mempermudah pekerjaan, untuk kumpulan data dengan tujuan yang sama, cukup mengerjakan satu sel/baris/kolom pertama saja, sisanya komputer akan mengulang cara pengerjaan sesuai formula yang kita masukkan. Fungsi adalah fitur-fitur yang disediakan oleh excel.

Kegunaan

Perhitungan matematika, statistika, logika, display data, dan lain sebagainya.

Cara Menjalankan Aplikasi Ms. Excel
  • Klik tombol start pada windows/keyboard
  • Ketik Excel
  • Klik pada ikon Excel atau Open

Tampilan User Interface Excel

Berikut tampilan perangkat lunak aplikasi Microsoft Office Excel 2019

1. Start Screen


Membuat Dokumen Baru

Klik Blank workbook atau New > Blank workbook

2. Lembar Kerja (Workbook)


(1 Quick access toolbar)
(2 Ribbon)
(3 Formula bar)
(4 Worksheet)
(5 Sheet tab)
(6 Status bar)
(7 Scroll bar)
(8 Layout view)
(9 Zoom bar)

Contextual Tabs

Ketika menyeleksi object-object tertentu pada Excel, akan muncul Tab baru yang pada awalnya tidak ada. Dalam tab ini berisi command button atau tombol perintah yang memang dikhususkan untuk object yang kita select tersebut.

Sebagai contoh ketika kita menambahkan Sebuah Chart didalam excel dan Chart tersebut kita klik maka muncul Contextual Tabs "Chart Tools" yang terdiri dari dua tab, Design dan Format.


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak