Bagian 1 Belajar Microsoft Office Word Gratis Kursus Lombok - NesiaNet

Bagian 1 Belajar Microsoft Office Word Gratis Kursus Lombok

Bagian 1 Belajar Microsoft Office Word Gratis Kursus Lombok
Kami juga membuka layanan kursus privat untuk area Mataram/Lombok NTB, untuk info lengkap silahkan DM ke Instagram @KursusLombok atau @NesiaNet, terima kasih. NesiaNet Kursus Komputer Terbaik di Mataram Lombok NTB.


Cara Membuka Aplikasi Office Word 2019
  • Klik tombol Start pada Windows
  • Langsung ketik "Word" (tanpa tanda petik)
  • Klik pada ikon Word yang muncul pada hasil pencarian

Membuat Dokumen Baru
  • Klik "Blank Document" atau
    • Tekan CTRL+N pada keyboard lalu klik Blank Document maka lembar kerja office word akan terbuka.


Atur Paragraph Style: Normal
  • Pastikan kita sedang berada di Menu Home
  • Sorot (arahkan kursor atau Insertion Point ke Style: Normal, hanya diarahkan - jangan di klik), lalu
  • Klik kanan pada Style: Normal
  • Klik Modify



  • Ubah aturan default/bawaan tersebut menjadi sebagai berikut: (1) Font: Times New Roman, (2) Size: 12, (3) Pastikan gaya teks tebal, cetak miring, dan bergaris bawah tidak aktif, (4) Warna: Hitam, (5) Alignment: Justify (Rata kiri-kanan), (6) Line-spacing (spasi antar baris): 1.5, (7) Jika sudah, klik OK.


Pengaturan Layout
  • Klik Menu Layout
  • Klik Menu Margins (margins adalah jarak tepi kertas ke objek/karakter pertama pada dokumen)
  • Pilih/klik Custom Margins
  • Lalu ikuti aturan sebagai berikut, jangan lupa sertakan/ketik cm atau satuan pengukuran lainnya yang diinginkan.
  • Aturan: 3-3-2-2 atau alternatifnya 4-4-3-3
  • Orientasi: Potrait atau Landscape
  • Penerapan: pada keseluruhan dokumen (Whole Document)

  • Jangan klik OK dahulu, tapi langsung klik menu sebelahnya (Paper)
  • Atur kertas yang akan digunakan untuk mencetak/print nantinya pada menu Paper, misal kita gunakan kertas A4
  • Klik OK



Membuat Cover/Halaman Sampul
  • Kembali atau klik pastikan kita berada di menu home
  • Ketik "MAKALAH TIPOLOGI WILAYAH PULAU LOMBOK DAN PULAU SUMBAWA" (tanpa tanda kutip)

Tombol Enter dan Shift+Enter

Tombol Enter digunakan untuk membuat dan berpindah ke garis baru di bawah karakter terakhir tempat kursor berada. Penggunaan Enter menyebabkan terbentuknya dua baris/line data, sedangkan

Shift+Enter digunakan untuk memenggal teks, jadi teks yang di Shift+Enter akan menjadi dua baris (akan turun) tetapi tetap terbaca satu line data.

Dalam kasus ini, karena teks MAKALAH TIPOLOGI WILAYAH PULAU LOMBOK DAN PULAU SUMBAWA merupakan satu kalimat utuh atau masih satu bagian jadi untuk memenggal kalimatnya jangan gunakan Enter melainkan Shift+Enter agar tulisan terpenggal tetapi tetap dibaca satu line/baris/satu kesatuan/satu bagian.

Mengatur Judul Dokumen pada Halaman Sampul
  • Taruh kursor menempel di sebelah kiri huruf T pada kata kata TIPOLOGI lalu tekan Shift kemudian jangan lepas, kemudian tekan Enter (Shift+Enter), lalu lepas keduanya.



  • Lakukan cara serupa sehingga tampilan teks menjadi seperti gambar berikut

  • Pastikan posisi kursor berada pada bagian kalimat judul bisa di mana saja selama menyentuh huruf dari kalimat judul (makalah tipologi .... ), atau bisa juga dengan memblok seluruh kalimat judul (cara melakukan blok/seleksi dengan taruh kursor menempel di kiri huruf pertama pada kalimat yang ingin di blok lalu klik kiri tahan tarik sampai melingkupi seluruh kalimat yang diinginkan) - pakai salah satu cara.
  • Lalu klik Center/rata tengah atau Ctrl+E


  • Pindahkan posisi kursor kelap-kelip/insertion point/kursor ke akhir kalimat
  • Lalu tekan Enter, karena bagian informasi/data kalimat judul sudah selesai


  • Karena kita sedang berada di Halaman Sampul, maka ketikkan HALAMAN SAMPUL lalu Enter

Memasukkan Gambar Logo



  • Klik menu Insert > Pictures > This Device
  • Kemudian cari lokasi file gambar yang kita butuhkan

  • Lakukan Double-Click (dua kali klik kiri secara cepat) pada gambar yang dimaksud

  • Atur lebar gambar sesuai kebutuhan, misal 7 cm (selalu ketik cm atau satuan ukuran lainnya)

Membuat Form Identitas Pembuat Dokumen
  • Taruh Insertion Point atau Kursor kelap kelip atau Kursor (kita sebut kursor saja untuk selanjutnya) pada bagian kanan/akhir gambar, lalu enter

  • Ketik OLEH
  • Lalu Enter

Membuat Tabel
  • Klik menu Insert > Table > Insert Table
  • Isi jumlah baris dan kolom sesuai kebutuhan (bisa disketch/dioret-oret dulu di kertas untuk mengetahui kebutuhan jumlah kolom dan baris berdasar jumlah sel yang dibutuhkan)









EmoticonEmoticon

Formulir Kontak