Strategi Negosiasi Aliansi Driver Gojek dengan Perusahaan - NesiaNet

Strategi Negosiasi Aliansi Driver Gojek dengan Perusahaan

Strategi Negosiasi Aliansi Driver Gojek dengan Perusahaan

Negotiation - Strategy
Humaedi Suhada (L1B016032) ~ Semester V Ilmu Komunikasi Universitas Mataram 2018
I. Masalah
Gojek menjadi perusahan ternama dalam bisnis transportasi online. Nilai saham
melejit, jumlah driver kian meningkat dan bisnis tumbuh dalam performa terbaik. Seiring
dengan berjalannya waktu, Gojek merubah sharing profit antara driver dengan Pihak Gojek.
Awalnya sharing profit adalah 10% namun saat ini menjadi 20%. Hal ini dirasakan sangat
merugikan driver. Selain itu, terdapat penertipan dan semakin dikembangkannya sistem
monitoring bagi drivers melalui berbagai pembatasan aturan yang cukup merugikan seperti
ketatnya sistem rating dan review dan Gojek disinyalir mengacak sistem order yang
mengakibatkan kesulitan dalam mencapai poin bonus. Namun disamping itu, Gojek melakukan
penyesuaian tarif transportasi online sesuai peraturan Kemenhub dalam hal ini adalah
kenaikan tarif yang bisa menguntungkan driver.
Anda adalah negosiator, yaitu pihak yang akan mewakili aliansi driver Gojek untuk
melakukan negosiasi dengan pihak Gojek dan memperjuangkan hak dan kesejahteraan driver
agar lebih baik.
II. Analisis Masalah & Situasi (Analisis SWOT)
INTERNAL
Strengths Weaknesses
EXTERNAL
Opportunities
Strategy S-O (Kekuatan
untuk Dijadikan Peluang
Memenangkan Negosiasi
dengan Pihak Gojek)
Strategy W-O (Strategi
Memanajemen Kelemahan
untuk Menciptakan Peluang
Baru)
Threats
Strategy S-T (Kekuatan
untuk Menghadapi
Ancaman)
Strategy W-T
(Memanajemen Kelemahan
untuk Memprediksi
Ancaman)
M I D T E R M
a) Faktor-faktor Internal
o Strength(s)
 Driver merupakan kekuatan utama Gojek sejak awal berdiri hingga
sekarang.
o Weakness(es)
 Belum tercapainya organisasi yang solid antar Driver Gojek yang bisa
digunakan untuk menekan perusahaan secara efektif.
b) Faktor-faktor Eksternal
o Opportunity(es)
 Kesatuan pendapat dari mayoritas Driver bahwa harus terjadi
perubahan regulasi yang mengatur pendapatan Driver.
o Threat(s)
 Ancaman kegagalan negosiasi.
c) Analisis Strategi
o SO
 Aliansi harus membentuk struktur organisasi yang kuat kemudian
merumuskan rencana untuk mencapai kesepakatan dengan
perusahaan.
o ST
 Mengarahkan anggota aliansi dengan maksimal agar tujuan aliansi
untuk diakomodasi oleh perusahaan bisa tercapai dengan baik dan
bukan justru menjadi kerugian bagi anggota aliansi.
o WO
 Menguatkan organisasi dan manajemen di dalam aliansi dan
melakukan persiapan yang matang serta mempersiapkan data-data
untuk dirundingkan dengan perusahaan.
o WT
 Membentuk formasi team yang terbaik dari anggota aliansi untuk
dihadapkan pada perusahaan dalam rangka negosiasi.
III. Analisis Lawan Negosiasi (Analisis SWOT)
a) Strength(s)
a. Brand image yang sangat kuat dan diingat oleh konsumen.
b. Mudah di temukan dan dioperasikan, karena berbasis aplikasi online.
b) Weakness(es)
a. Semenjak munculnya gojek makan muncul juga pesaing-pesaing lainnya
seperti Grab Bike dan Uber sehingga menjadi kelemahan.
b. Karena berbasis online maka akan sulit untuk memanajemen driver (sebutan
pengemudi gojek).
c) Opportunity(es)
a. Melakukan kerja sama dengan banyak perusahaan-perusahaan besar seperti
XXI dan toko-toko makanan untuk penyediaan layanan go-food.
b. Pemberian diskon atau potongan harga pada setiap event-event tertentu dapat
menjadi kesempatan untuk menambah kepercayaan masyarakat.
d) Threat(s)
a. Gojek adalah developer pertama atau pioneer dari segi ojek berbasis online
sehingga akan terus mendapat perlawanan dari pesaing-pesaing nya sehingga
akan membutuhkan kerja keras agar dapat bersaing di pasar ojek berbasis
online.
IV. Best Alternative for Negotiation Agreement (BATNA)
a) Meminta kepastian terhadap perusahaan tentang sistem pengacakan order pada
aplikasi Gojek, dan apabila terbukti benar, maka permintaan dari aliansi ialah agar
kebijakan sistem pengacakan order tersebut dihentikan, dan sebagai tindakan
penyeimbangnya ialah dengan membatasi penerimaan driver baru atau solusi lain
yang lebih baik.
b) Perusahaan dapat terus menerapkan program monitoring namun dengan catatan
harus mengembalikan profit sharing ke 10%.
V. Strategi Negosiasi dengan Perusahaan
a) Membentuk tim khusus dan terorganisir secara efektif dari anggota aliansi untuk
mengumpulkan pendapat, data, dan hal lain yang akan memenangkan negosiasi
dengan perusahaan.
b) Membuat draft pandangan/usulan dari aliansi ditujukan kepada perusahaan.
c) Meminta perusahaan membentuk tim khusus untuk berinteraksi dengan tim aliansi
dalam hal negosiasi.
d) Menyampaikan draft ajuan yang isinya ialah materi negosiasi untuk mencapai
kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, yaitu dengan mengembalikan
regulasi-regulasi driver seperti semula (menghapus semua kebijakan perusahaan
yang terbukti merugikan driver, dan menawarkan solusi bagi perusahaan untuk tetap
menjaga keuntungan dengan menghentikan sementara rekrutmen driver
baru/menetapkan batas jumlah driver dan mitra).
e) Jika tuntutan utama di atas menemui jalan buntu, maka yang selanjutnya akan
diperjuangkan adalah tuntutan/rencana alternatif (BATNA) sebagai pilihan terakhir
yang harus diperjuangkan oleh aliansi Driver Gojek.
Terimakasih, mohon maaf atas segala kekurangan dalam tugas ini.





EmoticonEmoticon