Tujuan Humas - NesiaNet

Tujuan Humas

Tujuan Humas

Tujuan humas secara umum menurut Kriyantono (2008: 5 – 18) dalam Suprawoto (2018: 56), ialah:

1. Menciptakan kesepahaman antara organisasi atau perusahaan dengan publik.

Tujuan utama humas ialah menciptakan saling pengertian antara organisasi dengan publik. Oleh karena itu, humas harus menjamin ketersediaan dan kecukupan informasi. Informasi yang memadai berguna untuk mengantisipasi timbulnya salah pengertian terhadap kebijakan organisasi atau pemimpin atau anggota organisasi.

2. Membangun citra organisasi atau perusahaan.

Citra atau gambaran organisasi dalam persepsi publik menyangkut pelayanan, kualitas produk, atau perilaku anggota organisasi akan mempengaruhi keputusan dan sikap publik terhadap organisasi. Sikap publik bisa berupa persetujuan atau kesepahaman, penolakan, dan sikap netral terhadap setiap kebijakan yang berlaku, atau akan diberlakukan.

Citra organisasi menjadi tanggung jawab humas, namun juga dipengaruhi oleh komponen-komponen lain dalam organisasi karena apabila salah satu pihak dalam organisasi melakukan kesalahan atau ceroboh, maka kerja humas akan menjadi lebih berat untuk mengkomunikasikan apa yang terjadi agar dampak yang ditanggung oleh organisasi tidak lebih besar daripada kesalahan yang dilakukan, bahkan mengusahakan agar kesalahan organisasi di toleransi dan diterima oleh publik sebagai kesalahan yang tidak disengaja, akan ditebus dan tidak akan diulangi.

3. Membangun opini publik yang diharapkan.

Opini publik atau bentuk ekspresi dari sikap publik terhadap perusahaan atau organisasi, perlu dikendalikan atau dilakukan manajemen terhadapnya oleh humas, dalam arti humas harus memelihara opini baik, menggali opini yang masih tersembunyi di masyarakat (membuat masyarakat mengeluarkan pendapat tentang organisasi), dan menetralkan atau mengimbangi opini negatif.

4. Menciptakan sinergi dan hubungan yang baik.

Humas membuat atau berpartisipasi dalam program atau kegiatan yang melibatkan masyarakat terutama publik sekitar organisasi untuk menciptakan suasana dekat dan positif dari warga terhadap organisasi.

Tujuan humas menurut pendapat ahli lain diantaranya ialah pengembangan opini publik yang positif dari sebuah lembaga sosial, ekonomi, dan politik. Suatu pemahaman mengenai proses terciptanya opini dan perubahan sikap merupakan dasar studi humas. Lebih lanjut, yang dimaksud opini publik adalah sekumpulan pandangan atau keyakinan rasional maupun tidak rasional yang membentuk dan menggambarkan sikap individu-individu atau publik (Frazier Moore, 2005:51 dalam Suprawoto, 2018: 57).

Public Relations


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak