Sejarah Singkat Dinas Pariwisata Provinsi NTB - NesiaNet

Sejarah Singkat Dinas Pariwisata Provinsi NTB

Sejarah Singkat Dinas Pariwisata Provinsi NTB

Dinas Pariwisata Provinsi NTB ialah salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Mengemban tugas pokok dan fungsi melaksanakan program-program Kepariwisataan yang langsung bertanggungjawab kepada Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Pada tahun 1987 Proyek Pengembangan Pariwisata (PPP) mulai dibentuk pemerintah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah dengan mengembangkan pariwisata secara komersil. Melihat kemajuan pariwisata Indonesia yang terus meningkat dan banyaknya wisatawan mancanegara mulai tertarik akan keindahan pariwisata Indonesia khususnya NTB yang memiliki potensi pariwisata yang luar biasa indah. Atas dasar hal tersebut, maka Proyek Pengembangan Pariwisata berubah menjadi Badan Pengembangan Pariwisata (BPP). Di tahun 1991 dibentuklah lembaga Badan Pengembangan Pariwisata Daerah (BPPD).

Beberapa waktu kemudian Pariwisata Tingkat I berganti nama menjadi Dinas Pariwisata dan Budaya (DISPARBUD) dan pada tahun 2009 berganti nama lagi menjadi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Nusa Tenggara Barat khususnya di pulau Lombok memiliki potensi dan kekayaan alam yang luar biasa sehingga membuat sektor pariwisata di NTB terus berkembang sehingga Pemerintah Pusat membentuk Kanwil XX Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Daerah membentuk Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

7 tahun kemudian, lembaga dinas pemerintah tersebut kembali berganti nama menjadi Dinas Pariwisata dan Budaya (DISPARBUD) yang bertahan selama 1 tahun. Kemudian di tahun ke-2 tepatnya pada tahun 2017 berdasarkan perubahan nomer klatur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berganti nama menjadi Dinas Pariwisata dengan alasan bahwa bidang kebudayaan dipindahkan dari instansi atau dinas terkait ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang ikut berganti nama menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.


Pengembangan Pariwisata di Indonesia


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak