Definisi Hubungan Masyarakat (Humas) - NesiaNet

Definisi Hubungan Masyarakat (Humas)

Definisi Hubungan Masyarakat (Humas)

Hubungan masyarakat atau biasa disebut humas (Public Relations) memiliki sangat banyak definisi seperti yang dihimpun oleh Dominick dalam bukunya The Dinamic of Mass Communication: Media in the Digital Age, 2000 (Morissan, 2014: 26), definisi yang paling pendek ialah “humas ialah upaya melakukan hal-hal baik sehingga mendapatkan kepercayaan.” Menurut Frank Jefkins, humas adalah sesuatu yang meliputi seluruh kegiatan komunikasi yang terencana, ke dalam dan ke luar organisasi kepada khalayak dengan tujuan mencapai target tertentu. Menurutnya, humas selalu berkaitan dengan usaha pembentukan pemahaman dan kesepahaman menuju ke perubahan yang positif (Morissan, 2014: 27).

Humas Menurut SK Bonar dalam Suprawoto (2018: 41), adalah usaha-usaha untuk mencapai hubungan harmonis antara suatu badan atau organisasi dengan masyarakat sekelilingnya. Definisi ini lebih menekankan pada hubungan yang harmonis antara lembaga dengan masyarakat sekeliling organisasi itu. Artinya, humas harus dapat menjamin adanya saling pengertian dan akan terus meningkatkan citra organisasi.

Pengertian-pengertian tentang humas tersebut dapat memberikan kesimpulan secara sederhana bahwa humas ialah fungsi dan upaya untuk menciptakan suasana dan citra positif baik ke luar dan ke dalam suatu organisasi sehingga terbentuk hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publik.

Public Relations


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak