Batu Bulan, Bendungan Terbesar di NTB - NesiaNet

Batu Bulan, Bendungan Terbesar di NTB

Info Wisata Bendungan Batu Bulan, Bendungan Terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat - Bendungan ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tahun 2002 dan merupakan bendungan terbesar yang ada di provinsi NTB dan juga menjadi kedua terbesar di Indonesia.

Bendungan ini dinamakan batu bulan sesuai dengan nama desa tempatnya berada, yaitu Desa Batu Bulan yang terletak di Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Bendungan dapat diakses dengan kendaraan bermotor dan berjarak sekitar 18 km dari Kota Sumbawa Besar.

Bendungan Batu Bulan memiliki debit air 15 liter per detik, cadangan air tawar ini setiap harinya memberikan air minum untuk ternak, juga berfungsi sebagai kantong air untuk pengendalian banjir, serta sebagai tempat budidaya ikan air tawar.

Bendungan ini juga ramai dikunjungi baik oleh wisatawan maupun oleh warga setempat. Kualitas udara yang bersih dan sejuk membuat setiap orang betah menghabiskan banyak waktu di tempat ini. Kegiatan memancing dan bermain kano juga tak kalah serunya.

Pada saat kemarau mengakibatkan debit air turun drastis sehingga anda dapat melihat pulau-pulau kecil bermunculan. Anda dapat diperbolehkan berkemah sembari menikmati suasana sejuk di bendungan terbesar yang terletak di Pulau Sumbawa ini.

(c) foto indonesiakaya.com



























EmoticonEmoticon