Formasi CPNS 2021 Diumumkan Akhir Maret, Berikut Syarat dan Tahapannya

Formasi CPNS 2021 Diumumkan Akhir Maret, Berikut Syarat dan Tahapannya
    Sumber: cpnsi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo membenarkan bahwa Formasi untuk para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan diumumkan pada akhir Maret ini. Hal tersebut diungkapkannya pada Rabu (17/03/20210). Dalam wawancaranya, ia mengatakan jumlah keseluruhan ASN yang dibutuhkan tahun ini sebanyak 1,3 juta orang.

Khusus bagi formasi guru, Menhan RB tersebut menyebutkan bahwa pemerintah akan mengevaluasi lebih lanjut terkait dengan kebutuhan di daerah maupun di Kementerian Agama. Sebelumnya, Tjahjo mengungkapkan bahwa kebutuhan 1,3 juta ASN tahun 2021 meliputi 1 juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Rekrutmen untuk 1 juta guru PPPK tersebut akan diadakan si seluruh pemerintahan daerah.

Selain itu, terdapat kebutuhan lain seperti Pemda, dengan jumlah 189.000 ASN. Sisa kebutuhan ASN lainnya berasal dari instansi pemerintah pusat.

Adapun untuk mendaFtar CPNS 2021, ada sejumlah dokumen yang perlu dipersiapkan. Dokumen tersebut harus diubah dalam bentuk digital dengan kapasitas maksimal 200 kb, dengan menggunakan mesin pemindai (scanner). Dokumen tersebut, diantaranya: Akta Kelahiran, KTP, Ijazah dan transkrip nilai, Kartu Kelurga (KK), Pas foto ukuran 4x6 dan swafoto, Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar termasuk SKCK.

Persyaratannya pun sebagai berikut:
a. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar, kecuali bagi jabatan terntentu, paling tinggi 40 tahun.
b. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
c. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian atau pegawai swasta.
d. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota kepolisian
e. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik.
f. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan.
g. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan.
h. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah RI.
i. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Tahapan untuk seleksi CPNS tahun ini belum diumumkan secara resmi oleh pemerintah. Namun biasanya, tahapannya tidak berubah dari tahun ke tahun.

Untuk pendaftaran dan seleksi administrasi, dilakukan melalui situs sscn.bkn.go.id. Kemudian masuk ke tahapan Seleksi Kompentensi Dasar (SKD)  CPNS yang akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

Tes SKD tersebut berkaitan dengan pengetahuan umum dan kemampuan berhitung. Apabila lolos, peserta akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri dari tes substantif bidang, psikotes, wawancara, tes fisik hingga tes keterampilan untuk beberapa jabatan. Usai melalui tahapan tes tersebut, peserta dapat melihat pengumuman kelulusan melalui website di masing-masing instansi. (KOMPAS).

0 Comments

Posting Komentar