Info Wisata Goa Kotak Lombok - NesiaNet

Info Wisata Goa Kotak Lombok

Gua Kotak/Box Cave, Lombok Island, Indonesia - Jika kita biasanya melihat gua mempunyai mulut dengan bentuk bulat, maka Goa Kotak sesuai dengan julukannya memang berbentuk kotak. Gua buatan ini terletak di Dusun Gerupuk, kawasan ekonomi khusus Mandalika, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menurut sejarahnya, gua kotak ini merupakan hasil dari pekerjaan sekelompok orang yang melakukan penggalian di punggung bukit untuk mencari emas. Hasil dari kegiatan tersebut membuat terbentuknya terowongan berbentuk kotak yang menembus kedua sisi bukit.

Goa kotak memiliki panjang lorong sekitar enam meter dengan lebar tiga meter dan tersusun atas batuan dan padas berwarna putih kekuningan. Gua ini tidak memiliki jejak purba, ataupun stalakmit dan stalaktit. Hanya ada beberapa kerangka kerang laut di lantai dan dinding gua yang menandakan bahwa gua ini masuk dalam area pasang surut air laut (terendam saat pasang).

Gua ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 2,5 meter. Dari gua ini, pengunjung juga disuguhkan pemandangan Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Batu Payung dari kejauhan.

Gua kotak bisa diakses menggunakan kendaraan beroda dua atau empat, namun tetap harus berhati-hati karena medan yang curam.














EmoticonEmoticon