Doa dan Amalan pada Malam Nisfu Sya'ban - NesiaNet

Doa dan Amalan pada Malam Nisfu Sya'ban

Artikel Islam

Malam Nisfu Sya'ban diperingati setiap malam ke-15 bulan Sya'ban yang bertepatan pada Rabu (8/4) malam. Berikut doa dan amalan malam Nisfu Sya'ban 2020 yang dapat dilakukan saat di rumah pada periode karantina untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona (Covid-19).

Bulan Sya'ban merupakan bulan sebelum bulan Ramadan. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa barang siapa yang memberitahukan berita datangnya bulan Sya'ban kepada yang lain, maka haram api neraka untuknya.

Malam Nisfu Sya'ban juga dinamakan malam pengampunan atau malam maghfirah. Imam Al Gozhali RA mengistilahkan malam Nisfu Sya'ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat atau pertolongan.

Peringatan malam Nisfu Sya'ban biasanya dilakukan bersama di masjid. Namun, karena pandemi Covid-19, peringatan Nisfu Sya'ban bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

"Terkait Covid 19 ini, kami menganjurkan untuk dilaksanakan dari rumah masing-masing," kata pimpinan pesantren Al Afifiyah, KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/4).

Wahyul menjelaskan malam Nisfu Sya'ban bisa dilakukan setelah waktu Magrib. Berikut doa dan amalan malam Nisfu Sya'ban yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

1. Salat sunah
Nisfu Sya'ban dapat dimulai dengan melakukan sejumlah salat sunah. Salat sunah yang dianjurkan adalah salat hajat, salat taubat, dan salat tasbih.

2. Membaca surat Yasin tiga kali
Setelah itu, lanjutkan dengan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali.

Surat Yasin pertama dibaca untuk memohon panjang umur dan ketaatan serta ketakwaan dan istiqamah kepada Allah SWT. Surat Yasin kedua
dibaca untuk memohon diluaskan rezeki yang halal dan menolak bala. Sedangkat surat Yasin ketiga dibaca untuk memohon ditetapkannya iman Islam hingga akhir hayat.

3. Istigfar dan berzikir kepada Allah
Dapat dilakukan dengan membaca:
- istigfar 100x
- tahmid dan takbir 100x
- salawat Nabi 100x
- dan zikir-zikir lainnya.

4. Berdoa
Tidak ada doa khusus yang dibacakan saat malam Nisfu Sya'ban. Setiap umat Islam dapat berdoa apa saja kepada Allah SWT.

"Berdoalah secara khusyuk meminta apa yang tersirat dalam hati. Karena malam nisfu Sya'ban adalah malam yang sangat diijabah untuk dikabulkan semua doa dan hajat yang diinginkan," kata Wahyul.

5. Meminta maaf
Dianjurkan pula pada malam Nisfu Sya'ban untuk bertaubat dan meminta maaf kepada orang lain.

"Sesungguhnya Allah melihat pada pertengahan Sya'ban. Maka dia mengampuni semua makhluk, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan," hadis dari Abu Musa Al-Asy'ari.

Saat berada di rumah, minta maaf pada malam Nisfu Sya'ban 2020 dapat dilakukan pada orang-orang di rumah dan juga memanfaatkan teknologi untuk menghubungi kerabat dan teman.

(C) CNN Indonesia.


EmoticonEmoticon