Analisis Film Still Alice Menggunakan Konsep Psikologi Komunikasi Konsep Diri

Film "Still Alice" menceritakan kisah Alice Howland (diperankan oleh Julianne Moore), seorang profesor bahasa yang menderita demensia Alzheimer. Dalam film ini, konsep diri diperlihatkan melalui proses perubahan yang dialami Alice sebagai akibat dari penyakitnya.

Konsep diri adalah pandangan seseorang tentang dirinya sendiri dan bagaimana dia meyakini dirinya. Dalam kasus Alice, konsep diri-nya mulai menurun seiring dengan perkembangan penyakitnya. Alice mulai merasa tidak yakin akan kemampuan dan kualitas dirinya, seperti kemampuan untuk mengingat dan mengejar kariernya.

Dalam film ini, Alice juga mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain, karena kesulitan dalam mengingat nama dan fakta. Ini menunjukkan bagaimana konsep diri seseorang dapat mempengaruhi komunikasi, sebagai Alice kesulitan untuk mengekspresikan dirinya dan terhubung dengan orang lain.

Selain itu, film ini juga menyoroti bagaimana penyakit ini dapat mempengaruhi hubungan seseorang dengan orang lain. Alice mengalami konflik dengan suami dan anak-anaknya sebagai akibat dari penyakitnya, karena mereka tidak dapat mengatasi perubahan dalam konsep diri Alice.

Secara keseluruhan, film "Still Alice" menyoroti bagaimana konsep diri dapat terpengaruh oleh faktor-faktor seperti penyakit dan komunikasi dengan orang lain, dan bagaimana ini dapat mempengaruhi hubungan seseorang dengan lingkungan sekitarnya.


Diposting pada: 03 Maret 2023
  • Klik pada Gambar untuk Memperjelas/Memperbesar Tampilan.
  • Sampaikan ke HR/Interviewer bahwa Mendapat Informasi dari www.NesiaNet.id
  • Ada Error/Kesalahan? Atau Punya Pertanyaan? Silahkan DM Kami di Instagram @NesiaNet.id atau WA 0822-9797-8626
  • Silahkan Copy Link Berikut Lalu Bagikan/Berikan ke Teman/Tetangga/Saudara yang Membutuhkan Info Ini, Link: https://www.nesianet.id/2019/09/analisis.film.still.alice.menggunakan.html